News

Bangkitnya para ‘connoisseur nasi’: Berburu nasi lezat dari varietas padi kuno yang hampir punah

Bara mengatakan dia telah mencoba mengedukasi masyarakat mengenai varietas-varietas padi lokal ini.

“Yang bisa saya lakukan hanya memberi edukasi. Jika teman datang ke rumah, saya akan menyajikan menthik wangi dan menjadikannya bahan pembicaraan saat makan malam dengan harapan mereka juga akan tertarik. Saya berharap ada efek domino. Kemudian mereka akan membagikan pengetahuan itu ke kawan mereka.”

Hal yang sama dilakukannya terhadap para chef muda dan calon chef, serta para instruktur memasak.

“Sebagai chef, sudah tugas kami untuk memperkenalkan kembali kepada masyarakat warisan kuliner dan bahan makanan kita yang beragam,” kata dia. 

PERUBAHAN SIKAP

Upaya mengedukasi masyarakat Indonesia tentang varietas padi yang terlupakan mulai membuahkan hasil.

Helianti mengatakan bahwa sampai tahun 2018, 80 persen penjualannya datang dari pasar internasional. Tapi saat ini, angka itu menurun menjadi 35 persen dan sisanya terjual di dalam negeri.

“Dalam lima tahun terakhir, semakin banyak orang Indonesia yang sadar akan apa yang mereka makan. Mereka ingin tahu apa yang mereka makan, dari mana asalnya dan bagaimana cara penanamannya,” imbuh dia.

Pandemi COVID-19 juga memberikan dampak pada tren ini, semakin mendorong orang untuk membuat pilihan yang lebih sehat dalam hal makanan.

“Kami tidak hanya melestarikan varietas padi lokal, tapi juga pengetahuan dan teknik bertani tradisional,” kata dia, sambil menambahkan bahwa selama ratusan tahun padi-padi ini bisa bertahan tanpa penggunaan pupuk dan pestisida.

Wahyuning Anggrias, 30, kepada CNA mengaku mengenal Javara ketika mencari beras rendah gula untuk ibunya yang menderita diabetes.

“Saya membeli beras merah andel abang, lalu saya mencari tahu tentang sejarah beras itu dan bagaimana beras itu pertama kali populer di Jawa pada abad ke-14. Lalu saya beli beras jenis lainnya, dan juga mempelajari kisah di baliknya,” kata Wahyuning.

“Sekarang saya hanya memasak besar jenis ini di rumah. Selain menyehatkan, tapi juga karena ada sejarah di baliknya.”

Source: CNA

Donate to Breeze of Joy Foundation

Global NewsX

Global NewsX is a news sharing website that offers a wide range of categories, from politics and business to entertainment and sports. With its easy-to-navigate interface, users can quickly find the news they are looking for and stay up-to-date on the latest global events. Whether you're interested in breaking news, in-depth analysis, or just want to stay informed, Global NewsX has got you covered.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button